Join us on Google+


Tips Lengkap Memilih Komputer Rakitan Sesuai Kebutuhan

Tips Lengkap Memilih Komputer Rakitan Sesuai Kebutuhan

Hallo sobat,,


Pada artikel kali ini saya akan membagikan tentang bebrapa tips yang bisa kalian terapkan, jika kalian ingin membeli sebuah komputer rakitan, atau kalian membangunnya sendiri komputer rakitan tersebut.

tips memilih komputer rakitan

saat ini memang sudah bukan barang yang wah dan mewah lagi, komputer itu.
karena setiap orang hampir semuanya memiliki sebuah komputer dekstop, bahkan komputer desktop malah sering di tinggalkan , dan memilih untuk menggunakan sebuah laptop.

tapi tetap tidak ketinggalan jaman, komputer semakin kesini, semakin tambah maju, bebagai teknologi, fitur, juga bisa di dapatkan dan di tambahkan dalam sebuah komputer. ini berarti komputer masih tetap menjadi sebuah perangkat pintar yang tidak kalah juga dengan laptop.

Biasanya orang yang ingin membeli sebuah komputer itu memiliki tujuan tersendiri, semisal, untuk kegitan pengetikan, ditaruh di kantor, untuk warnet, bisnis seperti desain dan untuk main game.

oke, untuk itu, pasti di perlukan spesifikasi yang berbeda-beda kan,
mulai dari yang buat ketik saja, sampai yang buat gaming.

berikut ini saya akan tuliskan beberap tips yang semoga bisa membantu kalian dalam menentukan Komputer Rakitan yang akan kalian beli atau bangun sendiri.

1. Mau buat apa komputernya ? Ketik, Gaming atau Desain ?

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menentukan "needs".
ini syarat utama, pastinya, kalian ingin membeli ataukah merakit sendiri sebuah komputer itu harus tau kebutuhannya, mau buat apa nantinya ?

mengapa demikian ? kan semua komputer sama ada cpu,dll
ya memang benar, tapi spesifikasi komputer tersebut yang sangat penting,

misal kalian ingin gunakan untuk main game, nah kok kalian pilih komputer yang memiliki spesifikasi rendah, yang kuat buat browsing dan ngetik saja. kan ndak mungkin.

maka dari itu tentukan dulu apa "needs" mu. nah selanjutnya baru spesifiksainya yang kita lihat.


2. Spesifikasi


  • CPU
CPU adalah hal yang penting dalam sebuah komputer, kalian tahu sendirilah apa kegunaannya.

tapi kenapa CPU dulu ? bukan motherboardnya ?
yap, simak dulu saja.

oke, tentukan dulu sebuah CPU nya, apakah itu merek Intel ataukah AMD, ini terserah kalian, kalian bisa lihat spesifiksi setiap CPUnya. lihat dari kecepatan, ada berapa inti/core nya, lihat bagaimana socet yang suprot dengan CPU nya.

bagi yang ingin langsung membeli komputer rakitan dari sebuah toko, yang sudah di rakit dari tokonya, atau ahlinya, maka pilihlah cpu yang benar-benar bisa dan cocok untuk nanti kalian gunakan.

jika kalian ingin menggunakan komputernya untuk kegiatan mengetik saja atau browsing-browsing, warnet. intel atom atau celeron sudah bisa memenuhi.

untuk bermain game atau desain, ya prosesornya pasti lebih tinggi, intel core i3 keatas atau AMD series A4 keatas.


  • Motherboard
setelah memilih CPUnya, silahkan pilih motherboardnya.

tapi tunggu dulu, jangan asal pilih motherboardnya lho, pastikan Motherboadrnya mendukung dengan CPUnya.

maksudnya socet untuk pemasangan CPU yang terdapat di motherboardnya itu cocok dengan CPU yang kalian pilih tadi, ini kenapa saya sarankan pilih CPU nya dulu.
kan kasian jika kalian sudah pilih motherboard yang bagus, tapi tidak cocok sama CPU yang kalian pilih, padahal CPU tersebut adalah otak sebuah komputernya.

mungkin bisa kalian memilih motherboardnya dulu, tapi nanti kalian akan terbatas saja saat memilih CPUnya , harus pas dengan motherboard yang sudah kalian pilih tadi.

jika kalian membeli Komputer yang sudah di rakit/dari toko, kalian tidak usah pusing-pusing mikirin motherboard, karena sudah terpasang dengan CPUnya tadi.
kan sudah di rakit, hehehe

  • RAM
RAM juga menjadi faktor penting dalam sebuah komputer. apalagi kalian ingin menggunakan komputer tersebut untuk bermain game. pastinya ram yang harus kalian pilih harus extra besar kapastiasnya.

jika kalian ingin menggunakan untuk kebutuhan ketik-mengetik saja, maka saya sarankan, pilihlah ram 2GB saja. ini sudah memenuhi kebutuhan kalian.

untuk desain grafis, pasti lebih besar lagi, karena menjalankan aplikasi-aplikasi yang berat itu membutuhkan ram yang besar. minimal sekitar 4GB saja, sudah bisa menjalankan aplikasi-aplikasi desain grafis, tetapi akan lebih lancar jika ditambah lagi.

untuk bermain game, pasti lebih besar lagi lah, minimal ya 8GB, karena kalian tahu sendiri kan gimana rasanya membuka sebuah game dengan ram yang sangat sempit, maka dari itu, ram 8GB itu standar minimal lah. walaupun 4GB saja sudah bisa bekerja, tapi akan sangat merepotkan jika kalian ingin bermain game yang berat.

pastikan RAM cocok dengan motherboardnya tadi, dan untuk sekarang ini, biasanya moterboardnya banyak yang menggunakan socet RAM tipe DDR3.

  • VGA/Kartu Grafis tambahan
VGA atau kartu grafis menjadi sangat penting bila kalian ingin menggunakan Komputer untuk bermain game atau desain grafis.

karena dengan VGA yang berspesifikasi tinggi, maka gambar atau vidio game yang di tampilkan akan semakin bagus. detail-detail gambar dan warnanya pun akan jauh lebih baik.

Bagaimana jika komputer di gunakan untuk mengetik saja, ? VGA on board tidak masalah, karena untuk kegiatan mengetik tidak membutuhkan tampilan yang wah, dan detail yang tinggi.

  • Kapasitas Penyimpanan / Harddisk
kapasitas penyimpanan juga sangat kalian perlukan untuk membagung sebuah komputer,
karena komponen ini adalah tempat berkumpulnya file-file dan Operasi sistem yang ingin kalian simpan.

umumnya, dengan kapasitas Harddisk sekitar 500Gb sudah cukup, untuk kegaitan ketik, mengetik, desain grafis, dan bahkan game.

tapi lebih besar juga malahan lebih baik, karena tidak menutup kemungkinan, pasti kalian akan menyimapan berbagai macam data yang sangat banyak dan penting, dan pasti itu membutuhkan memory/kapasitas yang besar.

  • DVD R/W
Jangan kalian lupakan perangkat inputan satu ini, karena DVD R/W ini akan sangat berguna jika kalian ingin mencopy sebuah file dari CD, atau menonton Film, dan bahkan menginstal berbagai macam drive dan game.

pilihkan DVD R/W yang sudah mendukung dengan fitur-fitur terbaru, karena nanti akan sangat berguna, bahkan untuk kegiatan mengetik dan desain pun sangat-sangat berguna.

  • Power Supplay
Terakhir ada Power supplay, jangan lupakan komponen satu ini, jika kalian lupakan maka tak bisa kalian bermain game atau mengetik sebuah kalimat. bahkan menghidupkan komputer pun tak akan bisa.

Power Supplay ini berfungi untuk mengalirkan sebuah energi listrik ke setiap komponen-komponen komputer, seperti untuk menjalankan CPU, VGA, Harddisk dan kipas pendingin.
jadi sangatlah penting perangkat yang satu ini.

pilihlah power supplay yang bagus dan pastikan pas dengan daya yang di butuhkan komputer kalian, jika tidak paham masalah ini, lebih baik kalian tanyakan keahlinya saja, atau tokonya langsung.

3.Budget

pastikan kalian juga memiliki budget yang cukup untuk bisa membeli semua perangkat-perangkat komputer tersebut.

selalu pertimbangkan dulu sebelum membeli, pilhlah harga yang pas dan masuk akal dengan budgetnya.

jika kalian merakit sendiri sebuah komputer, pasti kalian akan lebih mudah dalam mempertimbangkan sebuah komponen/perangkat yang ingin kalian beli.

mulai dari cpunya, sampai dengan casing komputernya.




oke, mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat
nantikan tips-tips selanjutnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Apps

Laporkan Penyalahgunaan

Games

Tips And Tricks

Kontributor

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Label

Laptop

Popular Posts

Tech News

Join the Fan Club

About ArcadeMag

Video of the Day

Popular Posts

Smartphone