Join us on Google+


Tips dan Panduan Membeli Smartphone Android Bekas Tanpa Takut Tertipu

Tips dan Panduan Membeli Smartphone Android Bekas Tanpa Takut Tertipu

Hallo sobat semua.

kembali lagi, saya akan membagikan beberapa tips yang berhubungan dengan smartphone, setelah kamerin saya bagi-bagi tips yang berkaitan dengan Laptop, kita move dulu, biar tidak jenuh.

oke, tips-tips ini, bisa kalian gunakan pada saat ingin membeli ponsel bekas, entah itu di konter, atau beli di perseorangan, COD, dan lain-lain.


tujuan saya membagikan tips ini, tidak lain hanya untuk membantu kalian, agar lebih teliti dan cermat dalam memilih ponsel/smartphone bekas. karena masih banyak yang tertipu dan tidak paham, bagaimana caranya memilih smartphone yang masih layak untuk di pakai, walau mungkin ada minus atau kerusakan, tetapi tetap masih bisa di pakai.

tips ini juga tidak hanya untuk smartphone android saja, melainkan juga bisa di terapkan untuk ponsel-ponsel non android.

oke langsung simak bareng-bareng sob.

1. Cek Kondisi Body dan Hardware Ponsel

  • Body/casing
Lakukan pengecekan terhadap body ponsel yang ingin kalian beli, lihat bagian-bagian samping ponsel tersebut, lihat apakah ada goresan atau bekas benturan di body ponsel tersebut.

goresan atau bekas bunturan mungkin tidak mempengaruhi kinerja ponsel, tetapi ada baiknya tanyakan pada penjual. mengapa ada goresan tersebut, jika kalian tidak percaya dengan penjualnya, cek lebih lanjut lagi. dengan menguji performanya. bisa menggunakan aplikasi atau cek manual.

jangan lupa cek hardware/slot sim card dan micro SD. pastikan masih untuh dan cek satu persatu, pastikan semua masih berfungsi normal.
  • Tombol
pastikan semua tombol berfungsi normal, seperti tombol power, dan lain sebagainya. pastikan berfungsi normal, karena tombol adalah salah satu hal yang sangat penting, dalam smartphone/ponsel.
  • Layar
Periksa layar LCDnya, apakah layar LCDnya masih berfungsi dengan baik, seperti tidak ada gagal pixel nya, atau orang-orang sering menyebutnya "kena lcdnya/lcd rusak,lcd bergaris" pastikan Layar LCDnya bersih dari hal-hal tersebut .

periksa juga Touchscreennya, jika ponselnya berlayar sentuh, pastikan touchscreennya masih berfungsi normal. jika ponsel android, bisa kalian cek dengan ketik *#*#2664#*#*, untuk cek Touchscreennya.
  • Kamera
pemeriksaan kamrea juga tidak sebatas di buka dan langsung di tutup aplikasinya,
coba kalian lihat, apakah kamrenya blur, atau masih jernih. cek juga untuk mengambil gambar, apakah hasilnya masih bagus, atau tidak (ini tergantung besar kecilnya dan kemampuan kamera menangkap gambar)

periksa juga lampu lednya masih berfungi dengan baik, 
yang terpenting disini, kamera masih berfungi dengan baik, dan bisa untuk menangkap gambar.
  • Speaker dan microphone
jangan lupa cek speakernya sob, kalian bisa mengeceknya dengan memutar musik, atau malahan sekalian dengan cek microphonenya.

jadi kalian cek microphone untuk merekam suara kamu, dan setelah itu, kalian putar dengan volume kecil dan setelah itu di besarkan, sampai maksimal.

jika speaker masih berfungsi normal, maka tidak akan terjadi suara yang pecah.
  • Sinyal Ponsel
Perhatikan juga bagaimana kondisi jaringan ponsel yang ingin kalian beli,
pastikan sinyalnya masih bisa berfungsi dengan baik, dan pastikan kalian cek sinyal dengan kartu yang ingin kalian pakai.

karena dalam beberapa kasus yang saya temuni, sinyal bagus dengan kartu sim A, tetapi setelah di pakai dengan kartu sim B, sinyal hilang dan tidak mau muncul. padahal dengan hp yang lain sinyal kartu sim B tidak ada masalah. ada pula yang jika di ganti dengan kartu sim yang lain, maka tidak akan bisa hidup ponselnya.

nah jadi, kalian harus teliti dengan masalah sinyal ini, karena jika tidak, kalian akan kecewa setelah membelinya. karena sinyal kan hal yang penting juga dalam ponsel, kalau tidak ada sinyal, mau buat apa dong, sms, telfon tidak bisa.

2. Spesifikasi Smartphone/Ponsel

Untuk masalah spesifikasi, kalian perhatikan saja, atau cek satu persatu, apakah spesifikasinya sama dengan yang ingin kalian beli, atau tidak.

untuk masalah spesifikasi kalian bisa langsung cek di internet.

spesfikasi ponsel yang biasanya di perhatikan ialah, CPUnya, besar RAM dan Penyimpanan Internal, Besar Resolusi kamera, Jaringan yang di dukung, seperti 2G/3G/4G dan wifi. tapi lihat juga spesifikasi lengkap ponselnya.

3. Cek Kelengkapan

Cek kelengkapan juga penting, kelengakapan apa saja yang masih ada.
seperti dusbook, carger, headset, dll

4. Cek IMEI

Imei dan Dusbook juga berkaitan, karena kalian bisa melihat, apakah dusbooknya tersebut memang milik si ponsel tersebut atau milik ponsel lain.

cek imei di samping dusbook, dan cocokan dengan yang di ponsel, dengan menekan *#06#. jika beda, berarti dusbook tersebut, bukan aslinya. 

5. Cek Keaslikan Smartphone/Ponsel

Cek juga apakah ponsel yang ingin kalian beli itu, asli atau tidak. karena banyak smartphone android yang replika-replika, atau supercopy.

jika ponselnya merek samsung, kalian bisa cek dengan *#0000#* lalu call, jika bisa, maka ponsel tersebut asli.

untuk ponsel yang lainnya, menyesuaikan, kalian bisa searching di internet.

6. Cek Harga Pasaran

jangan sampai kalian tertipu dengan harga sob.

kelihatannya ponselnya masih oke, lengkap dan tanpa cacat, tapi tunggu dulu, tetap perhatikan harga pasarannya, di angka berapa ponsel tersebut terjual.

ini yang biasanya terjadi, tidak tau harga pasarannya, cuma lihat ponselnya saja, di kasih harga tinggi langusung beli. padahal harganya sudah sangat murah.

hati-hati sob.

7. Tanyakan Garansi

jika kalian membeli ponsel bekas ini, di toko, atau konter, maka ada baiknya kalian tanyakan, apakah ada garansi dari konter tersebut atau tidak.

jika kalian beli dengan orang lain/ sperti cod, tanyakan juga tidak mengapa, karena dengan adanya garansi, biasanya ponsel tersebut masih terjamin bagus dan penjualnya tidak tipu-tipu.

garansi yang di berikan mungkin dari orang itu sendiri, atau malah bisa masih bergaransi dari pabriknya.



oke mungkin hanya itu Tips dan Panduan Membeli Smartphone Android Bekas Tanpa Takut Tertipu.


jangan lupa share ke teman-teman kalian, agar lebih teliti, pada saat membeli ponsel.


terimakasih
semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Apps

Laporkan Penyalahgunaan

Games

Tips And Tricks

Kontributor

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Label

Laptop

Popular Posts

Tech News

Join the Fan Club

About ArcadeMag

Video of the Day

Popular Posts

Smartphone