Join us on Google+


Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Hello sobat kak abidin

Kembali lagi, saya akan membagikan sebuah tips yang masih berkaitan dengan teknologi, khusunya si perangkat pintar satu ini. yaitu Laptop. 

Pasti kalian sering terheran-heran ataukah malah cuek saja, jika kalian mendapati laptopnya panas saat di gunakan. menurut saya, ini memang wajar saja, karena juga Laptop kan barang elektronik.

sudah umum jika barang-barang elektronik itu bisa menimbulkan panas, walau sekalipun di kasih pendingin atau kipas, tapi tetap saja menimbulkan panas.

tapi, jika panas yang di hasilkan melebihi batas maksimal, alias overheat, nah ini perlu dipertanyakan. Biasanya kalau Laptop terjadi panas yang yang berlebih, itu karena beberapa faktor, dan ini umum terjadi.

berikut ini beberapa faktor penyebab laptop panas yang sering di temui dan sekaligus saya berikan tips untuk menanganinya.

sek in down

1. Kipas Rusak/Mati

salah satu faktor yang menyebabkan laptop kalian terjadi panas berlebih. yaitu Kipas laptop mati. 

kenapa ini terjadi ?. nah ini bisa terjadi karena usia pakai laptop kalian sudah sangat lama sekali, dan juga faktor yang menghambat jalannya kipas. seperti banyaknya debu yang menempel pada kipasnya.

Solusinya

  • ganti kipas sesegera mungkin,
  • bisa kalian ganti sendiri, atau di bawa ke tempat servis.
  • Bersihkan dulu debu yang menempael pada kipas, bisa jadi karena bedu tersebut kipas tidak bisa jalan , seperti yang saya utarakan tadi.
  • Bisa kalian tambah pendingin laptop, seperti Cooling pad.

2. Fentilasi Udara Tersumbat

Sepertihalnya rumah, jika fentilasi rumah kalian tersumbat, atau malah tidak ada fentilasinya, apa yang kalian rasakan ? panas bukan.

begitu juga dengan laptop, jika fentilasi udara laptop kalian tersumbat, maka otomatis, akan menyebabkan laptop kalian panas.

fentilasi ini biasanya teletak dekat kipas. karena tujuannya memang untuk jalan keluar masuknya udara. dengan adanya fentilasi ini, kipas menjadi lebih mudah untuk membuang panas yang ada di dalam laptop sobat.

Fentilasi bisa tersumbat, biasanya terjadi karena debu yang menumpuk pada area fentilasi, dan mengakibatkan penyumbatan. kalian bisa melihatnya, dengan cara di bongkar atau kalian rasakan, bila tidak ada udara yang di keluarkan ,tetapi kipasnya masih jalan, berarti terjadi penyumbatan di fentilasinya.

Solusinya

  • Bersihkan bedu yang ada di fentilasi, bisa dari luar, dan dalam
  • Lebih baik kalian bongkar laptopnya agar lebih mudah.

3. Termal Paste Sudah Mengering

Termal Paste ini berfungsi untuk mengurangi panas pada komponen CPU.
Termal Paste itu bisa mengering bisa juga karena faktor usia, semakin lama di pakai juga pasti komponen pendingin ini akan berkurang, atau mengering.

selain itu, bisa juga karena seringnya laptop dipakai untuk aktivitas yang di luar batasnya, seperti penggunaan 24jam nonstop, multiasking yang berlebihan ,dan bermain game.

semakin tinggi CPU bekerja, semakin lama CPU bekerja, pasti penggunaan Termal Paste juga akan semakin banyak. ini lah yang meneyebabkan Termal Paste mengering dan Laptop kalian menjadi panas.

Solusinya

  • Ganti Termal Paste dengan yang baru
  • Cek secara berkala, ini menurut kondisi pemakaian. semakin sering kalian bekerja dengan laptop, semakin sering kalain cek termal pastenya.
  • Kurangi penggunaan laptop yang tidak wajar, seperti yang saya utararakan di atas.

4. Penggunaan Laptop Terlalu Lama

Tidak menutup kemnungkinan, jika kalian terlalu lama menggunakan laptop, apalagi kalian menggunakan laptop untuk main game, pasti akan mengalami panas berlebih. ini terjadi karena komponen yang ada di laptop bekerja lebih banyak ,dan lebih lama.

saya sering merasakan kejadian ini, karena memang saya sering sekali menggunakan laptop di atas 7-8 jam. ini memang wajar terjadi jika laptop menjadi panas, atau bahkan overheat

Solusinya

  • Kurangi jam kerja laptop kalian, contoh : saya menggunakan laptop sekitar 6-8 jam perhari, maka saya harus memberikan jam istirahat untuk laptop minimal setengah jam. ini untuk menetralkan kembali suhu komponen laptop. selain itu juga me refresh komponen agar kembali normal/fresh.

5. Meletakan Laptop, Dikasur

Ini nih penyebab yang sering terjadi. memang terkesan sepele, atau kalian tidak menyadari bahwa kalau kalian meletakkan laptop di kasur itu juga bisa membuat laptop kalian menjadi panas sob.

memang enak sih jika kalian bermian laptop di kasur atau di bantal, tapi ini sangat-sangat tidak di sarankan, bahkan hindarilah.

saat kalian meletakkan di kasur atau di bantal, permukaan benda tersebut tidak rata, dan bahkan banyak partikel-partikel kecil yang terdapat di permukaannya.

nah, permukaan yang tidak rata tersebut yang menyebabkan sirkulasi/ keluar masuknya udara akan terhambat, dan terjadilah panas pada laptop tersebut.

Solusinya

  • Sebisa mungkin jangan gunakan laptop di atas kasur atau bantal.
  • Carilah tempat yang bersih dan datar.
  • Hindar tempat-tempat yang permukaanya tidak datar
  • jika memang terpaksa, pakailah Cooling pad di bawahnya

Kalian bisa memaksimalkan Tips ini, atau bisa juga dengan dengan tambahan tips berikut ini yang pernah saya bahas sebelumnya. 

Mungkin hanya itu Tips kali ini yang bisa saya bagikan.
jika dirasa bermanfaat, kalian bisa membagikan artikel ini kepada teman-teman kalian, dengan cara klik tombol share di bawah.


Thanks you for reading, Semoga bermanfaat.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Apps

Laporkan Penyalahgunaan

Games

Tips And Tricks

Kontributor

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Label

Laptop

Popular Posts

Tech News

Join the Fan Club

About ArcadeMag

Video of the Day

Popular Posts

Smartphone